Rabu, 15 Juni 2016

Cek Gu Aceh Anambas "Taguen" Mie Aceh

Ramadhan kali ini terasa begitu berbeda dari pada tahun-tahun sebelumnya. Begitulah yang dirasakan oleh ajier cs selama pengabdian di tanah melayu. Namun mereka tetap semangat menjalankan ibadah puasa tahun ini. Melihat postingan kuliner aceh diberbagai media sosial setiap harinya menjadi tantangan tersendiri untuk mencoba memasak masakan aceh sendiri di tanah melayu ini. Akhirnya kami memutuskan untuk "menggoyang beulangoeng" Mie Aceh sore ini. Cuaca hari ini pun sangat mendukung untuk santapan Mie Aceh karena langit mendung dan hujan rintik-rintik. Rijal dan Famp Turun kepasar untuk belanja keperluan untuk memasak sementara ajier dan ozi stay di basecamp sm3t Aceh untuk prepare peralatan dapur. Lepas sholat Ashar mereka mulai mengiris bawang dan mencingcang cabe, bawang pre, oen sop boh tomat dan boh timon. Setelah semua siap di cincang, bumbu mie Aceh siap untuk dimasukkan dalam "Beulangoeng" untuk di tumis. sambil menunggu bumbu masak, famp melarikan diri untuk mecari kecap asin yang tadinya lupa di beli saat berbelanja. Pukul 16:27 Mie Sudah siap dimasukkan kedalam "beulangoeng". Kali ini di ambil alih oleh ajier sebagai tekong yaitu yang pegang "aweuk" sementara rijal sebagai kenet untuk "plee-plee" mie dan "preet-preet" kecap dan famp sebagai fotographer pada saat proses memasak berlangsung.
Teungoh Gureng Mie

Setelah +-20 menit akhirnya Mie Aceh sudah siap untuk di masak tapi belum siap untuk dinikmati karena waktu berbuka masih tersisa 2 jam lebih. Menu buka puasa hai ini di basecamp sm3t Aceh adalah Nasi putih dan Es Timun Cincau (olahan famp),bumbu Mie (hasil goyang "batee seumeupeeh ozi), Mie Aceh (hasil goyang "beulangoeng" ajier and rijal), dan sponsor setia Kurma dan kerupuk Atom.
Selfi tengouh peeh capli
Hasil goyang Beulangoeng Ajier n Rijal



Sementara di pulau Siantan Tengah, tepatnya Air Asuk para cek gu aceh yang "inoeng-inoneng" pun tidak mau kalah ingin menampilkan kebolehan ilmu PKKnya. Menurut informasi yang diperoleh menu buka puasa disana adalah Nasi putih (hasil olahan buk rahmi),pisang coklat (buk nur), milo panas (buk roza), ikan manyuk bakar (hasil "pruh-pruh apui" buk uun). [pajanlom]
Menu ibuk pkk di AirAsuk

0 komentar:

Posting Komentar